MICROSOFT EXCEL 2007
Pengertian
Microsoft
excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung,
memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak
bersinggungan dengan metode-metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat
dibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data sekolah, hasil-hasil penelitian,
maupun dalam pembuatan makalah pribadi
Sejarah
Pada tahun
1982, Microsoft membuat sebuah program lembar penjabaran yang disebut dengan
Multiplan, yang sangat populer dalam sistem – sistem CP/M, tapi tidak dalam
sistem MS DOS karena disana sudah ada saingannya yakni Lotus 1-2-3.
Versi
pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya
menyusul pada November 1987. Microsoft dengan menggunakan keunggulannya, rata –
rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk
Winows terakhir adalah Microsoft Excel 2007.
Excel
menawarkan banyak keunggulan jika dibandingkan dengan program lembar penjabaran
yang mendahuluinya. Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data
atau rumus dengan berisi referensi absolut atau referansi relatif terhadap sel
lainnya. Excel juga menawarkan perhitungan kembali terhadap sel – sel secara
cerdas, dimana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan
diperbarui nilainya.
Sejak tahun
1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Ketajaman Dasar untuk
Mengaplikasi, yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan
automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsu – fungsi yang dapat
didefinisikan oleh pengguna.
Kelebihan
Ms. Excel 2007 :
Excel banyak
memberikan keunggulan antarmuka dibandingkan dengan program spreadsheet yang
sebelumnya, tetapi esensinya masih sama dengan VisiClac (perangkat lunak
spreadsheet yang pertama kali terkenal). Excel adalah program pertama
spreadsheet yang mengizinkan pengguna mendefinisikan bagaimana tampilan dari
spreadsheet yang mereka sunting, seperti font, atribut, karakter, dan tampilan
setiap sel.
Selain itu,
Excel menawarkan perhitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas. Hanya sel
yang berkaitan dengan sel tersebut yang akan diperbarui nilainya. Kelebihan
lainnya adalah fitur grafik yang sangat baik.
Fungsi :
1. Kalkulasi, dengan program ini kita
bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang
sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
2. Grafik, dengan program ini kita bisa
mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3. Komunikasi, dengan program ini kita
juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang
untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain
bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan
ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang
bersamaan pula.
4. Internet,suatu saat mungkin kita
akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di
seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
5. Otomatis, dengan Excel kita bisa
menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan
yang benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis
terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat
membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.
Cara
menggunakan Microsoft Excel 2007 :
1. Judul
Menampilkan judul program dan
dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
2. Office
Button
Berisi barisan perintah untuk
pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka
dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3. Quick
Access Toolbar
Merupakan sarana yang disediakan
Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya
menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4. Tollbar
Merupakan deretan tool-tool
(gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan
mengefisienkan pengoperasian program.
5. Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu,
maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms.Excel akan memberikan
alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6. Lembar
Kerja (workbook)
Baris ini berisikan informasi
halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7. Cell
Cell Aktif Penggulung vertikal
8. Lembar
Aktif
9. Nama
Range
10. Fungsi
11. Pengunjung
12. Nomor
Baris
13. Nomor
Kolom
Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut adalah contoh penerapan Microsoft Excel dalam bidang keguruan :
Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut adalah contoh penerapan Microsoft Excel dalam bidang keguruan :
Langkah-langkah membuat dokumen
daftar unit kerja seperti pada gambar
berikut :
1. Buat
judul dan sub judul laporan
Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut.
Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti pada tampilan diatas.
2. Penggunaan alignment, format font dan format Cell
Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.
Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut.
Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti pada tampilan diatas.
2. Penggunaan alignment, format font dan format Cell
Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.
Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor
pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat juga melakukan format font
lainnya seperti underline atau italic.
Selanjutnya data dapat dilengkapi seperti berikut :
3.
Penggunaan format Tabel dan Cell
Microsoft
Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti
memberi border, warna border, warna cell dan style font dengan kliktombol
format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan style formattabel
seperti berikut ini.
Kita juga
dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak
menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel
Untuk
membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai
cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All Border
seperti pada tampilan dibawah ini.
Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol kemudian akan muncul pilihan style cell yang akan kita pilih seperti pada tampilan dibawah ini.
Ø Macam-macam
fungsi :
1. =SUM(…)
Fungsinya
: Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk
umum : =SUM(range sel)
Contoh
: Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15
Penulisan
: =SUM(H5:H15)
2. =COUNT(…)
Fungsinya
: Untuk
melakukan counter
Bentuk umum
: =COUNT(range sel)
Contoh
: Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel
B15
Penulisan
: =COUNT(B5:B15)
3. =MAX(…)
Fungsinya
: Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum
: =MAX(range sel)
Contoh
: Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan
sel yang
berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan
: =MAX(F1:F17)
4. =MIN(…)
Fungsinya
: Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk
umum
: =MIN(range sel)
Contoh
: Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang
berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan
: =MIN(F1:F17)
5. =AVERAGE(…)
Fungsinya
: Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum
: =AVERAGE (range sel)
Contoh
: Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel A11 sampai A17
Penulisan
:
=AVERAGE(A11:A17)
6. =ABS(…)
Fungsinya
: Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan
mutlak (absolut)
Bentuk
umum : =ABS(range sel)
Contoh
: Misalkan kita bermaksud mengetahui
secara mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan
: =ABS(F17)
7. =SQRT(…)
Fungsinya
: Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak boleh negatif
Bentuk
umum : =SQRT(range sel)
Penulisan
: = SQRT(25)
8. =IF(…;…;…)
Fungsinya
: Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar atau salah
(memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk
umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh
: Misalkan kita akan membandingkan
nilai di suatu sel yang berada di sel F17, tentang kriteria siswa dinyatakan
lulus atau gagal dengan ketentuan sbb.Jika nilai rata-rata siswa lebih
besar sama dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan
: =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
artinya jika
kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka
GAGAL
Keterangan :
Jika kondisi
di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di
sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakanValue_if_false
9. =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya
: Untuk menghitung jumlah hari
Contoh
: =DATE(73,8,11) à 26887 hari
10. VLOOKUP
Fungsinya
: Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk
umum : =VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
Range_lookup)
11. =HLOOKUP
Fungsinya
: Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk
umum : =HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
Range_lookup)
12. =LEFT(…;…)
Fungsinya
: Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri
Bentuk
umum :=LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh
: Misal kita akan
mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan
: =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb
13.
=RIGHT(…;…)
Fungsinya
:Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan
Bentuk
umum : =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh
:Misal kita akan mengambil karakter
yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan
: =RIGHT(F17;3) à hasilnya ari
14.
=MID(…;…;…)
Fungsinya
: Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter
tertentu
Bentuk
umum :=MID(teks;start_number; number_char)
Contoh
: Misal kita akan mengambil karakter
baru yang ada di sel F17 (Februari)
Penulisan
: =MID(F17:3:3)
0 komentar:
Posting Komentar