This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Selasa, 12 November 2013

MICROSOFT WORD 2007

MICROSOFT WORD 2007




Pengertian

Microsoft word 2007 merupakan salah satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office 2007. Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki beberapa keunggulan dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis ,misalnya menulis document, surat, famplet, kartu nama, brosur,dll dengan lebih baik. Microsoft word 2007 telah mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versi sebelumnya yaitu word 2003. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus - rumus matematika, fisika, maupun kimia, dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.

Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas - fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya. Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.


Sejarah
Pada tahun 1981-1990
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai. Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.

Word memiliki konsep “What You See Is What You Get”, atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
Kini Microsoft Word sampai pada rilis versi terbaru yaitu Microsoft Word 2007. Inovasi yang dilahirkan Microsoft dalam pengembangan program maupun grafis Microsoft Office termasuk Microsoft Word tentu akan terus berjalan seiring dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup.

Fungsi Microsoft Word
Microsoft  Word dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam Microsoft Word.

Pada kali  ini akan dijelaskan tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan dan mengoperasikan Microsoft word 2007 :

1.      Klik menu start pada taskbar2.      Klik all programs -->Microsoft Office --> Microsoft Office Word 2007
3.   Tulis data yang akan dikerjakan
4.   Jika telah selesai mengerjakan, simpan data tersebut
5.   Untuk menyimpan data, pilih Office Button, lalu pilih Save
6.   Kemudian jika mau menutup jendela word, klik close pada jendela word (tanda (x) di pojok kanan atas) atau klik Office Button, lalu pilih Close.


Mengenal Elemen Jendela Word 2007Ø  Menu Bar
Menu bar bisa dibilang sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub menu. Menu bar terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.



1.      Tab Home
Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali  membuka word 2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, style dan editing serta clipboard.ü  Group clipboard
·         Copy  Untuk  menyalin ke clipboard
·         Paste Untuk menempelkan hasil perintah cut / copy yang ada di clipboard
·         Cut Untuk memindahkan bagian yang ditandai ke clipboard
·         Format painter Untuk melakukan copy format
 ü  Group font
·         Font Untuk memilih jenis huruf
·         Font size Untuk mengatur ukuran huruf
·         Grow font Untuk memperbesar ukuran huruf secara instant
·         Shrink font Untuk memperkecil ukuran huruf secara instant
·         Clear formatting Untuk menghapus pengformatan yang terpilih
·         Bold Untuk mempertebal teks
·         Italic Untuk memiringkan teks
·         Underline Untuk menggaris bawahi teks
·         Strikethrough Untuk member tanda coret pada teks terpilih
·         Subscript Untuk mengetik karakter pemangakatan bawah
·         Superscript Untuk mengetik karakter pemangkatan atas
·         Change case Untuk mengubah status huruf capital / huruf kecil
·         Text highlight color Untuk member warna stabile di belakang teks terpilih
·         Font color Untuk mewarnai huruf
 ü  Group paragraph
·         Bullet Untuk memberi symbol/tanda bullet di tiap paragraph
·         Numbering Untuk memberi format penomoran di tiap paragraph
·         Multilevel list
·         Decrease indent Menggeser baris kedua paragraph ke kiri
·         Increase indent Menggeser baris kedua paragraph ke kanan
·         Sort Untuk menyortir data
·         Show/hide Untuk menampilkan/menyembunyikan tanda koreksi paragraph
·         Align text right Untuk memberi rata kanan
·         Justify Untuk memberi rata kanan kiri
·         Line spacing Untuk mengatur spasi/jarak anatar barisan teks
·         Shading Untuk mengatur warna latar teks terplih
·         Bottom border  Untuk membuat garis bingkai/garis tepi pada teks
ü  Group style
·         Emphasis
·         Heading 1 Berisi pilihan format / subjudul yang dipilih
·         Normal
·         Strong
·         Chane case style Berisi pilihan pengaturan tema paragraph
 ü  Group editing
·         Find Untuk mencari data di  dokumen
·         Replace Untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
·         Select Untuk memilih objek / teks tertentu dalam sebuah file
 2.      Tab Insert 
Menu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.ü  Group pages :
·         Cover Page  Memberi gambar  atau hiasan yang sudah tersedia di computer dan akan dipasang di background
·         Remove current cover page  Menghilangkan gambar atau hiasan yang ada di background
·         Blank page Memberi halaman atau kertas baru yang masih koosong
·         Page break Memberi halaman atau kertas baru pada posisi kursor saat ini
ü  Group  tables
·         Insert table  Menambah kolom dalam jumlah banyak
·         Draw table Menambah kolom si tempat yang diinginkan dengan cara menggaris di tempat yang diinginkan
·         Excel spreadsheet Memberi kolom pada Microsoft excel
·         Quick table Memberi kolom khusus seperti kalender
ü  Group illustrasions
·         Picture Menempelkan gambar atau foto yang ada di file dan akan ditempelkan di dokumen
·         Clip Art Menempelkan gambar yang sudah ada di computer dengan cara mengetik gambar apa yang diinginkan
·         Shapes Menempelkan gambar bangun datar, bangun ruang, dll. Yang sudah ada di computer
·         Smart art Memberi tempat mengisi teks yang berbentuk bangun datar biasanya untuk lembar kerja ilmiah
·         Chart Menempelkan bentuk bangun ruang, bangun datar, dll. Yang bisanya untuk pelajar
ü  Group links
·         Hyperlink Untuk membuat tautan atau link kehalaman web, gambar, alamat, web atau program
·         Bookmark Menandai semua poin utama pada dokumen
·         Cross-refence Mengarahkan kebagian yang lebih spesifik
 ü  Group header & footer
·         Header Memberi judul atau nomor halaman yang tempatnya ada diatas halaman
·         Edit header Mengganti judul atau nomor halaman yang tempatnya ada diatas halaman diganti dengan judul atau nomor yang baru
·         Remove header Menghapus atau membatalkan perintah header
·         Footer Memberi judul atau nomor halaman yang tempatnya ada di bawah halaman
·         Edit footer Mengganti judul atau nomor halaman yang tempatnya ada di bawah halaman diganti dengan judul atau nomor yang baru
·         Remove header Menghapus atau membatalkan perintah header
·         Top of page Memberi judul atau nomor halaman yang tempatnya ada di atas halaman yang hampir sama dengan header
·         Bottom of page Memberi  judul atau nomor halaman yang tempatnya ada di bawah halaman yang hamper sam adengan header
·         Page margins Memberi judul atau nomor halaman yang tempatnya di samping kiri dan kanan halaman
·         Current position Mjudul atau nomor halaman yang tempatnya di samping kiri halaman
·         Format page number Mengganti judul atau nomor halaman
·         Remove page number Menggapus judul atau nomor halaman
 ü  Group text
·         Text box Menyisipkan katak teks pada halaman
·         Quick parts  Untuk menyisipkan bagian yang telah digunakan sebelumnya seperti konten, property dokumen, dll
·         Word art Memberi tulisan dengan bentuk indah dan dalam berbagai pilihan
·         Drop cap Membuat huruf capital besar pada awal kalimat
·         Signature line Untuk menyisipkan garis tanda tangan
·         Date & time Memberi tulisan tanggal, bulan, tahun pembuatan file
·         Object Menyisipkan objek
ü  Group symbols
·         Equation Memberi simbol - simbol yang biasanya digunakan untuk membuat rumus
·         Symbol Memberi tulisan simbol – simbol yang tidak ada di keyboard
 3.      Page Layout
Menu page layout ini digunakan untuk mengatur letak data, yang meliputi pengaturan halaman, member warna background pada lembar kerja, mengatur spasi antar baris, membuat kolom pada teks, dan mengatur indentasi. Menu ini  terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.
 ü  group themes
·         themes Untuk mengubah tema laporan
·         theme color Untuk mengubah tema
·         theme font Mengubah jenis font tema
·         theme effects Mengubah efek tema
 ü  Group page setup
·         Margins Mengubah kartini
·         Orientations Mengubah ornga lain
·         Size Mengubah ukuran kertas
·         Columns
·         Breaks Menentukan pemisah halaman
·         Line numbering
·         Hyphenation ü  Group page background
·         Watermark
·         Page color
·         Page borders
 ü  Group paragraph
·         Indent (left & right)
·         Spacing (before & after)
 ü  Group arrange
·         Position
·         Bring to font Objek ke dpn
·         Send to back Objek ke belakang
·         Text wrapping
·         Align Meluruskan objek
·         Group Mengelompok objek
·         Rotate Melakukan rotasi objek
 4.      References
References digunakan untuk memasukkan berbagai perintah, seperti menuliskan footnote (catatan kaki), membuat daftar isi, dan membuat tanda citasi. References ini terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities. ü  Group table of contents
·         Table of contests
·         Add text
·         Update table
 ü  Group footnotes
·         Insert footnotes
·         Insert endnote
·         Next footnote
·         Show notes
 ü  Group citation & bibliography
·         Insert citation
·         Manage sources
·         Bibliography style
·         Bibliography ü  Grup captions
·         Insert caption
·         Insert table of figures
·         Update table
·         Cross-reference
 ü  Group index
·         Mark entry
·         Insert index
·         Update index
 ü  Group table of authorities
·         Mark citation
·         Insert table authorities
·         Update table authorities
 5.      Mailings
Mailings berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop,membuat label. Mailings ini terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish. ü  Group create
·         Envelopes
·         labels



ü  Group start mail merge
·         Start mail merge
·         Select recipients
·         Edit recipients list
 ü  Group Write & Fields
·         Highlight merge field
·         Address block
·         Greeting line
·         Insert merge field
·         Rules
·         Update labels
 ü  Group preview result
·         View merged data
·         Firs record
·         Previous record
·         Go to record
·         Next record
·         Last record
·         Find recipients
·         Auto check for errors
 ü  Group finish
·         Finish & merge
 6.      Review
Review  ini berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa seta memproteksi dokumen. Review ini terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect. 
ü  Group proofing
·         Spelling & grammar
·         Research
·         Thesaurus
·         Translate
·         Translation
·         Screentip
·         Set language
·         Word count
 ü  Group comments
·         New comment
·         Delete comment
·         Preview comments
·         Next comment
 ü  Group tracking
·         Track changes
·         Ballons
·         Display for review
·         Show markup
·         Reviewing pane
 ü  Group changes
·         Accepts and move to next
·         Reject and remove to next
·         Previous change
·         Next
·         Changeü  Group compare
·         Compare
·         Show source documents
ü  Group protect
·         Protect document
 7.      View
View ini digunakan untuk mengatur tampilan layar dan mematikan garis buntu pada lembar kerja 
ü  Group document views·         
          Print Layout
·         Full Screen Reading
·         Web Layout
·         Outline
·         Draft
 ü  Group show/hide
·         Ruler
·         Gridlines
·         Message bar
·         Document map
·         Thumbnails
 ü  Grafik Groupzoom
·         Zoom
·         100%
·         One page
·         Two page
·         Page width



ü  Group window
·         New window
·         Arrange all
·         Split
·         View side by side
·         Synchronous scrolling
·         Reset window position
·         Switch 
 ü  Group Macros

·         View macros
·         Record macros
·         Pause recording 



Ø  Office Button
Office Button merupakan perintah utama dalam Microsoft Word 2007. Kegunaan dari menu ini adalah untuk mengakses perintah Standar Windows. Letak ikon menu Office Button terdapat pada pojok kiri atas jendela Microsoft Word 2007.




New  Digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
Open  Digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
Save  Perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
Save As  Digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu 
Print  Digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
Prepare  Digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
Send  Digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
Publish  Perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
Close   Digunakan untuk menutup file dokumen yang aktif 


MICROSOFT EXCEL 2007


 MICROSOFT EXCEL 2007

ms exel.jpg (687×516)


Pengertian

Microsoft excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode-metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data sekolah, hasil-hasil penelitian, maupun dalam pembuatan makalah pribadi

Sejarah
       
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program lembar penjabaran yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem – sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS DOS karena disana sudah ada saingannya yakni Lotus 1-2-3.
           
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul pada November 1987. Microsoft dengan menggunakan keunggulannya, rata – rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Winows terakhir adalah Microsoft Excel 2007.
    
Excel menawarkan banyak keunggulan jika dibandingkan dengan program lembar penjabaran yang mendahuluinya. Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau rumus dengan berisi referensi absolut atau referansi relatif terhadap sel lainnya. Excel juga menawarkan perhitungan kembali terhadap sel – sel secara cerdas, dimana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilainya.
        
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Ketajaman Dasar untuk Mengaplikasi, yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsu – fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna.

Kelebihan Ms. Excel 2007 :

Excel banyak memberikan keunggulan antarmuka dibandingkan dengan program spreadsheet yang sebelumnya, tetapi esensinya masih sama dengan VisiClac (perangkat lunak spreadsheet yang pertama kali terkenal). Excel adalah program pertama spreadsheet yang mengizinkan pengguna mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting, seperti font, atribut, karakter, dan tampilan setiap sel.
Selain itu, Excel menawarkan perhitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas. Hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut yang akan diperbarui nilainya. Kelebihan lainnya adalah fitur grafik yang sangat baik. 

Fungsi :
1.       Kalkulasi, dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
2.       Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3.       Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.
4.       Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
5.       Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
6.       Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.
Cara menggunakan Microsoft Excel 2007 :

1.      Judul
Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
2.      Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3.      Quick Access Toolbar
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4.      Tollbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5.      Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.                                
6.      Lembar Kerja (workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7.      Cell
Cell Aktif Penggulung vertikal
8.      Lembar Aktif
9.      Nama Range
10.  Fungsi
11.  Pengunjung
12.  Nomor Baris
13.  Nomor Kolom 

Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut adalah contoh penerapan Microsoft Excel dalam bidang keguruan :

Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada gambar berikut :
1.       Buat judul dan sub judul laporan

      Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut.

      Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti pada tampilan diatas.

2.       Penggunaan alignment, format font dan format Cell

      Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.


      Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline atau italic. 

       Selanjutnya data dapat dilengkapi seperti berikut :

 3.      Penggunaan format Tabel dan Cell
Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna border, warna cell dan style font dengan kliktombol format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan style formattabel seperti berikut ini.
Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel

Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All Border seperti pada tampilan dibawah ini.

Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol kemudian akan muncul pilihan style cell yang akan kita pilih seperti pada tampilan dibawah ini.

Ø  Macam-macam fungsi :

1.        =SUM(…)
Fungsinya                     : Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum                : =SUM(range sel)
  Contoh                       : Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15
Penulisan                      : =SUM(H5:H15)

2.       =COUNT(…)
Fungsinya                     : Untuk melakukan counter
Bentuk umum                : =COUNT(range sel)
Contoh                          : Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan                      : =COUNT(B5:B15)



3.       =MAX(…)
Fungsinya                     : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum                : =MAX(range sel)
Contoh                         : Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan
sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan                      : =MAX(F1:F17)

4.       =MIN(…)
Fungsinya                     : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum               : =MIN(range sel)
Contoh                        : Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan                      : =MIN(F1:F17)

5.    =AVERAGE(…)
Fungsinya                     : Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum                : =AVERAGE (range sel)
Contoh                         : Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel A11 sampai A17
Penulisan                       : =AVERAGE(A11:A17)

6.       =ABS(…)  
Fungsinya         : Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)
Bentuk umum   : =ABS(range sel)
Contoh             : Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan           : =ABS(F17)

7.       =SQRT(…)
Fungsinya         : Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak boleh negatif
Bentuk umum   : =SQRT(range sel)
Penulisan          : = SQRT(25)

8.       =IF(…;…;…)
Fungsinya         : Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum   : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh             : Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang berada di sel F17, tentang kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan sbb.Jika nilai rata-rata siswa lebih besar sama dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan                      : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
artinya jika kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL
Keterangan :
Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakanValue_if_false

9.       =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya          : Untuk menghitung jumlah hari
Contoh              : =DATE(73,8,11) à 26887 hari

10.    VLOOKUP
Fungsinya         : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum   : =VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num; Range_lookup)

11.    =HLOOKUP
Fungsinya         : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum   : =HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num; Range_lookup)

12. =LEFT(…;…)
Fungsinya         : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri
Bentuk umum   :=LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh              : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3   huruf
Penulisan            : =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb      

13. =RIGHT(…;…)
Fungsinya         :Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan
Bentuk umum   : =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh             :Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan           : =RIGHT(F17;3) à hasilnya ari

14. =MID(…;…;…)
Fungsinya         : Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum   :=MID(teks;start_number; number_char)
Contoh             : Misal kita akan mengambil karakter baru yang ada di sel F17 (Februari)

Penulisan                      : =MID(F17:3:3)