MICROSOFT WORD 2007
Pengertian
Microsoft
word 2007 merupakan salah satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office
2007. Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki
beberapa keunggulan dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan
tulis-menulis ,misalnya menulis document, surat, famplet, kartu nama,
brosur,dll dengan lebih baik. Microsoft word 2007 telah mengalami perkembangan
dan perbaikan yang lebih baik dari versi sebelumnya yaitu word 2003. Kita juga
dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus - rumus matematika, fisika, maupun
kimia, dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat
lengkap.
Microsoft
Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas - fasilitas yang lebih
familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya. Program pengolah kata
Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS.
Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft
Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97,
2000, 2002, 2003, dan 2007.
Sejarah
Pada
tahun 1981-1990
Banyak
ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama
yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo,
Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981.
Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983,
pengembangan Multi-Tool Word dimulai. Setelah diberi nama baru Microsoft Word,
Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu
dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word
memiliki konsep “What You See Is What You Get”, atau WYSIWYG, dan merupakan
program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM
PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga
mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain,
seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan
warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word
untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya,
diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS,
yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun
belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan
MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket
program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985,
program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna
komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk
menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi
selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun
1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak
bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01,
yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat
yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini
kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang
dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun
1990-1995
Pada
rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for
Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan
dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya
terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan
performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft
menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai
pemimpin pasar pengolah kata.
Kini
Microsoft Word sampai pada rilis versi terbaru yaitu Microsoft Word 2007.
Inovasi yang dilahirkan Microsoft dalam pengembangan program maupun grafis
Microsoft Office termasuk Microsoft Word tentu akan terus berjalan seiring
dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup.
Fungsi
Microsoft Word
Microsoft
Word dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun
makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada
dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat
membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan
untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas
yang ada dalam Microsoft Word.
Pada kali ini akan
dijelaskan tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan dan mengoperasikan
Microsoft word 2007 :
1. Klik menu start pada taskbar2. Klik all programs
-->Microsoft Office --> Microsoft Office Word 2007
3. Tulis data
yang akan dikerjakan
4. Jika telah
selesai mengerjakan, simpan data tersebut
5. Untuk
menyimpan data, pilih Office Button, lalu pilih Save
6. Kemudian jika
mau menutup jendela word, klik close pada jendela word (tanda (x) di pojok
kanan atas) atau klik Office Button, lalu pilih Close.
Mengenal
Elemen Jendela Word 2007Ø Menu Bar
Menu bar bisa dibilang
sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub menu. Menu bar
terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.
1. Tab
Home
Home merupakan menu
utama yang akan tampil pada saat pertama kali membuka word 2007. Menu
home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan
paragraph, style dan editing serta clipboard.ü Group
clipboard
· Copy
Untuk menyalin ke clipboard
· Paste Untuk
menempelkan hasil perintah cut / copy yang ada di clipboard
· Cut Untuk
memindahkan bagian yang ditandai ke clipboard
· Format painter Untuk
melakukan copy format
ü Group font
· Font Untuk
memilih jenis huruf
· Font size Untuk
mengatur ukuran huruf
· Grow font Untuk
memperbesar ukuran huruf secara instant
· Shrink font Untuk
memperkecil ukuran huruf secara instant
· Clear formatting Untuk
menghapus pengformatan yang terpilih
· Bold Untuk
mempertebal teks
· Italic Untuk
memiringkan teks
· Underline Untuk
menggaris bawahi teks
· Strikethrough Untuk
member tanda coret pada teks terpilih
· Subscript Untuk
mengetik karakter pemangakatan bawah
· Superscript Untuk
mengetik karakter pemangkatan atas
· Change case Untuk
mengubah status huruf capital / huruf kecil
· Text highlight color Untuk
member warna stabile di belakang teks terpilih
· Font color Untuk
mewarnai huruf
ü Group paragraph
· Bullet Untuk
memberi symbol/tanda bullet di tiap paragraph
· Numbering Untuk
memberi format penomoran di tiap paragraph
· Multilevel list
· Decrease indent Menggeser
baris kedua paragraph ke kiri
· Increase indent Menggeser
baris kedua paragraph ke kanan
· Sort Untuk
menyortir data
· Show/hide Untuk
menampilkan/menyembunyikan tanda koreksi paragraph
· Align text right Untuk
memberi rata kanan
· Justify Untuk
memberi rata kanan kiri
· Line spacing Untuk
mengatur spasi/jarak anatar barisan teks
· Shading Untuk
mengatur warna latar teks terplih
· Bottom border
Untuk membuat garis bingkai/garis tepi pada teks
ü Group style
· Emphasis
· Heading 1 Berisi
pilihan format / subjudul yang dipilih
· Normal
· Strong
· Chane case style Berisi
pilihan pengaturan tema paragraph
ü Group editing
· Find Untuk
mencari data di dokumen
· Replace Untuk
mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu
dalam suatu file
· Select Untuk
memilih objek / teks tertentu dalam sebuah file
2. Tab Insert
Menu insert terdiri dari
: Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.ü Group
pages :
· Cover Page Memberi
gambar atau hiasan yang sudah tersedia di computer dan akan dipasang di
background
· Remove current cover page
Menghilangkan gambar atau hiasan yang ada di background
· Blank page Memberi
halaman atau kertas baru yang masih koosong
· Page break Memberi
halaman atau kertas baru pada posisi kursor saat ini
ü Group tables
· Insert table
Menambah kolom dalam jumlah banyak
· Draw table Menambah
kolom si tempat yang diinginkan dengan cara menggaris di tempat yang diinginkan
· Excel spreadsheet Memberi
kolom pada Microsoft excel
· Quick table Memberi
kolom khusus seperti kalender
ü Group illustrasions
· Picture Menempelkan
gambar atau foto yang ada di file dan akan ditempelkan di dokumen
· Clip Art Menempelkan
gambar yang sudah ada di computer dengan cara mengetik gambar apa yang
diinginkan
· Shapes Menempelkan
gambar bangun datar, bangun ruang, dll. Yang sudah ada di computer
· Smart art Memberi
tempat mengisi teks yang berbentuk bangun datar biasanya untuk lembar kerja
ilmiah
· Chart Menempelkan
bentuk bangun ruang, bangun datar, dll. Yang bisanya untuk pelajar
ü Group links
· Hyperlink Untuk
membuat tautan atau link kehalaman web, gambar, alamat, web atau program
· Bookmark Menandai
semua poin utama pada dokumen
· Cross-refence Mengarahkan
kebagian yang lebih spesifik
ü Group header & footer
· Header Memberi
judul atau nomor halaman yang tempatnya ada diatas halaman
· Edit header Mengganti
judul atau nomor halaman yang tempatnya ada diatas halaman diganti dengan judul
atau nomor yang baru
· Remove header Menghapus
atau membatalkan perintah header
· Footer Memberi
judul atau nomor halaman yang tempatnya ada di bawah halaman
· Edit footer Mengganti
judul atau nomor halaman yang tempatnya ada di bawah halaman diganti dengan
judul atau nomor yang baru
· Remove header Menghapus
atau membatalkan perintah header
· Top of page Memberi
judul atau nomor halaman yang tempatnya ada di atas halaman yang hampir sama
dengan header
· Bottom of page Memberi
judul atau nomor halaman yang tempatnya ada di bawah halaman yang hamper
sam adengan header
· Page margins Memberi
judul atau nomor halaman yang tempatnya di samping kiri dan kanan halaman
· Current position Mjudul
atau nomor halaman yang tempatnya di samping kiri halaman
· Format page number Mengganti
judul atau nomor halaman
· Remove page number Menggapus
judul atau nomor halaman
ü Group text
· Text box Menyisipkan
katak teks pada halaman
· Quick parts
Untuk menyisipkan bagian yang telah digunakan sebelumnya seperti konten,
property dokumen, dll
· Word art Memberi
tulisan dengan bentuk indah dan dalam berbagai pilihan
· Drop cap Membuat
huruf capital besar pada awal kalimat
· Signature line Untuk
menyisipkan garis tanda tangan
· Date & time Memberi
tulisan tanggal, bulan, tahun pembuatan file
· Object Menyisipkan
objek
ü Group symbols
· Equation Memberi
simbol - simbol yang biasanya digunakan untuk membuat rumus
· Symbol Memberi
tulisan simbol – simbol yang tidak ada di keyboard
3. Page Layout
Menu page layout ini
digunakan untuk mengatur letak data, yang meliputi pengaturan halaman, member
warna background pada lembar kerja, mengatur spasi antar baris, membuat kolom
pada teks, dan mengatur indentasi. Menu ini terdiri dari :
Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.
ü group themes
· themes Untuk
mengubah tema laporan
· theme color Untuk
mengubah tema
· theme font Mengubah
jenis font tema
· theme effects Mengubah
efek tema
ü Group page setup
· Margins Mengubah
kartini
· Orientations Mengubah
ornga lain
· Size Mengubah
ukuran kertas
· Columns
· Breaks Menentukan
pemisah halaman
· Line numbering
· Hyphenation ü Group page
background
· Watermark
· Page color
· Page borders
ü Group paragraph
· Indent (left &
right)
· Spacing (before
& after)
ü Group arrange
· Position
· Bring to font Objek
ke dpn
· Send to back Objek
ke belakang
· Text wrapping
· Align Meluruskan
objek
· Group Mengelompok
objek
· Rotate Melakukan
rotasi objek
4. References
References digunakan
untuk memasukkan berbagai perintah, seperti menuliskan footnote (catatan kaki),
membuat daftar isi, dan membuat tanda citasi. References ini terdiri dari :
Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index,
Table of Authorities. ü Group table of contents
· Table of contests
· Add text
· Update table
ü Group footnotes
· Insert footnotes
· Insert endnote
· Next footnote
· Show notes
ü Group citation & bibliography
· Insert citation
· Manage sources
· Bibliography
style
· Bibliography ü Grup
captions
· Insert caption
· Insert table of
figures
· Update table
· Cross-reference
ü Group index
· Mark entry
· Insert index
· Update index
ü Group table of authorities
· Mark citation
· Insert table
authorities
· Update table
authorities
5. Mailings
Mailings berguna
untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop,membuat
label. Mailings ini terdiri dari : create, start mail merge, write & insert
Fields, preview results, finish. ü Group
create
· Envelopes
· labels
ü Group
start mail merge
· Start mail merge
· Select recipients
· Edit recipients
list
ü Group Write & Fields
· Highlight merge field
· Address block
· Greeting line
· Insert merge
field
· Rules
· Update labels
ü Group preview result
· View merged data
· Firs record
· Previous record
· Go to record
· Next record
· Last record
· Find recipients
· Auto check for
errors
ü Group finish
· Finish & merge
6. Review
Review ini
berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa seta memproteksi dokumen. Review
ini terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare,
Protect.
ü Group proofing
· Spelling &
grammar
· Research
· Thesaurus
· Translate
· Translation
· Screentip
· Set language
· Word count
ü Group comments
· New comment
· Delete comment
· Preview comments
· Next comment
ü Group tracking
· Track changes
· Ballons
· Display for
review
· Show markup
· Reviewing pane
ü Group changes
· Accepts and move to
next
· Reject and remove
to next
· Previous change
· Next
· Changeü Group
compare
· Compare
· Show source
documents
ü Group protect
· Protect document
7. View
View ini digunakan untuk mengatur tampilan layar dan mematikan garis buntu pada
lembar kerja
ü Group document views·
Print
Layout
· Full Screen
Reading
· Web Layout
· Outline
· Draft
ü Group show/hide
· Ruler
· Gridlines
· Message bar
· Document map
· Thumbnails
ü Grafik Groupzoom
· Zoom
· 100%
· One page
· Two page
· Page width
ü Group
window
· New
window
· Arrange
all
· Split
· View
side by side
· Synchronous
scrolling
· Reset
window position
· Switch
ü Group
Macros
· View macros
· Record macros
· Pause
recording
Ø Office Button
Office
Button merupakan perintah utama dalam Microsoft Word 2007. Kegunaan dari menu
ini adalah untuk mengakses perintah Standar Windows. Letak ikon menu Office
Button terdapat pada pojok kiri atas jendela Microsoft Word 2007.
New Digunakan untuk membuat
file dokumen kosong baru
Open Digunakan untuk membuka
file dokumen yang tersimpan
Save Perintah untuk menyimpan
file dokumen aktif
Save As Digunakan untuk menyimpan
file dokumen ke dalam format tertentu
Print Digunakan untuk mencetak
file dokumen yang sedang aktif
Prepare Digunakan untuk melakukan
properti khusus terhadap file dokumen aktif
Send Digunakan untuk
mengirimkan file dokumen aktif sebagai email /
faksimile
Publish Perintah untuk
menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
Close
Digunakan untuk menutup file dokumen yang aktif
0 komentar:
Posting Komentar